Beranda » Uncategorized » seputar sbmptn

seputar sbmptn

Bagi murid kelas 3 sma atau yang sederajat sekarang mungkin banyak yang sedang kebingungan untuk menentukakan 1 pilihan sulit di dalam hidupnya. Mereka sebagian ada yang ingin untuk melanjutkan kuliah dan sebagian lainnya ingin mencari kerja.

Bagi mereka yang ingin kuliah, mereka juga sedang di landa galau yang lumayan sulit, pasalnya banyak di antara mereka yang masih belum menemukan universitas yang akan mereka tuju. Kalau yang sudah memiliki universitas yang di tuju, mereka ada lagi yang galau mencari jurusan apa yang mereka tuju.

Bagi mereka yang ingin mencari kerja, mereka juga bimbang. Sebab mereka harus mencari info-info tentang lowongan kerja. Bagi mereka yang belum tahu tentang info lowongan pekerjaan mereka bingung akan bekerja dimana, di pabrik apa, Kalau sudah tahu infonya mereka juga bimbang dapatkah mereka berpenghasilan yang cukup untuk dirinya bahkan untuk membantu perekonomian keluarganya.

Bagi mereka yang ingin lanjut kuliah, mereka harus lolos dari seleksi penerimaan mahasiswa baru di universitas jurusannya. Tahun 2013 ini umumnya universitas membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui 3 jalur resmi.

1. melalui jalur snmptn

2. melalui jalur smbptn

3. melalui jalur mandiri

Untuk kuotanya sendiri, dari ketiga jalur ini memiliki kuota yang berbeda. Untuk snmptn kuotanya 50% dari total mahasiswa baru, smbptn kuotanya sekitar 30% dari total mahasiswa baru dan sisanya untuk jalur seleksi mandiri bagi universitas yang mengadakan jalur mandiri.

Untuk jalur SNMPTN kayanya kita harus rajin berdoa dan lebih dekat kepada allah saja, sebab dalam snmptn ini, hal yang di ujikan adalah nilai rapot serta nilai un, jadi kita tidak perlu repot-repot untuk mempersiapkan tes mata pelajaran untuk masuk ke universitas pilihan kita.

Untuk jalur SBMPTN ataupun jalur seleksi mandiri, siswa selain harus rajin berdoa dan lebih dekat ke allah, siswa juga akan dituntut untuk mempunyai nilai yang besar dalam tesnya. Sebab jalur ini akan ada tes-tes yang akan dilaksanakan siswa. Untuk sbmptn , kalau melihat dari tahun lalu, maka di jalur ini siswa akan menghadapi soal tes potensi dasar ( yang meliputi sub bab verbal, analogi, penyimpulan kalimat, deret angka, hitungan dasar serta analisis), tes kemampuan dasar ( dalam hal ini matematika dasar, bahasa indonesia serta bahasa inggris), seta tes kemampuan jurusan. Untuk jurusan ipa maka sub babnya adalah matematika, fisika, kimia dan biologi. Serta untuk ips adalah sosiologi, geografi, ekonomi serta sejarah. Untuk smk maka tes kemampuan jurusannya tergantung dia memilih jurusan apa di universitasnya. Jika dia memilih jurusan ips maka dia akan menghadapi soal ips dan jika dia mengambil jurusan ipa maka dia akan menghadapi soal ipa

Untuk seleksi mandiri, tipe soalnya tergantung dari tiap universitasnya.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: